Minggu, 31 Oktober 2010

Pre emptive strike strategy

Saya ingin menceritakan tentang kesuksesan WalMart perusahaan retail yang sukses menguasai pasar. Di Kota Tarakan ini sih gak akan kita temukan. WalMart yang awalnya sebagai perusahaan retail kecil mungkin setara dengan minimarket kalau disini seperti indomaret tapi mampu menguasai pasar dan tidak kalah dengan


perusahaan retail raksasa (carefour dan semacamnya).

Yang menarik adalah bagaimana koq bisa ? Strateginya bagaimana? Tenyata WalMart ini sangat cerdas. Dia menggunakan “Strategi Pre Emptive Strike” yaitu Siapa yang Cepat masuk maka Dia yang Menang. WalMart masuk ke desa-desa dan mendirikan minimarket yang pertama. Dia yakin di daerah kurang menarik bagi pemain besar. Nah dengan menjadi pemain pertama dan tunggal maka dia akhirnya menjadi market leader di sana. Karena sudah adanya pemain yang mapan, maka para kompetitor pun akhirnya enggan untuk masuk dan bersaing. Sekarang ini WalMart telah tumbuh dimana-mana.

Itu dia sekilas Strategi yang digunakan oleh WalMart. Kecil bisa saja menang, tinggal bagaimana kita mengetahui kekuatan dan kelemahan lawan. Sebagai contoh adalah kekuatan “Bola Salju”. Awalnya adalah kecil, namun setelah menggelinding maka akan semakin membesar dan besar dan punya kekuatan menghancurkan. Itu lah pentingnya sebuah Strategi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar