Rabu, 20 Januari 2010

12 Langkah Meningkatkan Penjualan

  1. Mengelola dan menjaga hubungan baik yang berkesinambungan dengan pelanggan ataupun prospek anda merupakan kunci utama datangnya penjualan buat anda. Pemilihan dan pengaturan waktu yang tepat sangat dibutuhkan karena semakin lama data anda akan semakin banyak (kalau tidak berarti ada masalah besar sedang menanti anda).
  2. Selalu mencari pelanggan baru dan pangsa pasar baru, misalnya dari retail berusaha mencari alternative untuk mendapatkan penjualan secara “corporate”
  3. Mengerti dan dapat membuat planning/rencana kerja dengan benar. Termasuk dokumen dokumen pendukungnya. Mulai dari forecasting, targetting, action pan dan ”to do list”.
  4. Mengerti dan memahami flow dari suatu proses penjualan. Setelah itu mengoptimalkan tiap bagian, termasuk bagian bagian yang merupakan support buat sales team anda. Misalnya teknisi, sales support maupun sales admin.
  5. Jadilah professional dalam melakukan presentasi, baik untuk pelanggan perorangan maupun industri, terutama apabila melakukan presentasi didepan pengambil keputusan
  6. Evalusi pencapaian target anda dari waktu kewaktu, apakah sudah memenuhi target yang ditentukan. Apabla belum harus segera ada perbaikan dalam aktifitas sales anda.
  7. Jangan meremehkan administrasi , setiap kegiatan anda haruslah direcord.
  8. Buatlah ”time manajemen” yang baik. Dan selalu kerjakan dengan disiplin
  9. Semangat, anda harus punya semangat untuk mengejar dan melakukan semua yang telah anda tulis. Setiap pencapaian akan menjadi angina segar yang akan mendorong semangat anda
  10. Jangan memilih milih order , salah sedikit saja maka akan dapat membuat pelanggan anda tidak akan kembali. Ego pelanggan anda dapat menjadi alasan yang tidak anda duga untuk tidak membeli dari anda
  11. Identifikasikan kebutuhan pelanggan anda. Beri solusi dan buktikan bahwa pekerjaan yang dipercayakan kepada anda dapat anda kerjakan dengan baik dan menjawab problem mereka. Syukur kalau anda bisa memberikan nilai tambah yang membuat mereka sangat puas. Intinya anda tidak sekedar menerima order dan memasukkan uang pelanggan ke kantong anda.
  12. Apabila pelanggan anda membutuhkan produk yang sejenis dengan yang anda punya, apakah anda orang yang pertama kali dipanggil oleh mereka? Kalau ya berarti semua action yang anda lakukan sudah tepat. Kalau tidak anda harus terus belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar