Rabu, 20 Januari 2010

Bagaimana membangun kepercayaan diri seorang sales

Untuk menjadi seorang sales atau tenaga penjual yang berhasil anda harus mempunyai kepercayaan diri. Tanpa kepercayaan diri bagaimana anda bisa berhasil sebagai seorang sales? Dibidang manapun untuk mendapatkan keberhasilan, kepercayaan diri selalu diperlukan.

Membangun kepercayaan diri sama artinya dengan membangun dan meperbaiki mental anda. Dibutuhkan sikap mental positif dalam menghadapi semua tantangan dan hamabatan, untuk merubah sikap anda setiap menemui pelanggan dan pada akhirnya akan merubah hasil penjualan anda. Tanpa adanya perbaikan dan perubahan dalam sikap mental dan kepercayaan diri anda maka jangan harap ada perubahan pada hasil yang anda capai.
Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan dalam menimbulkan kepercayaan dalam diri anda.

1. Bertanyalah kepada pelanggan anda terhadap pekerjaan yang telah anda lakukan. Anda tidak perlu takut akan kritikan. Kalau masih ada yang perlu diperbiki, perbaikilah samapai akhirnya anda mendapatkan penilaian positif dari pelanggan anda. Semakin banyak anda mendapatkannya maka anda akan semakin percaya diri. Anda akan semakin percaya pada produk anda, team yang mensupport anda dan pelayanan anda.
2. Pelajari dan evaluasi kembali semua hal yang telah membuat anda berhasil dalam proyek proyek terdahulu. Factor apa saja yang membuat pelanggan anda puas. Dengan mengetahui hal tersebut dan menetapkannya dalam suatu standard pekerjaan akan membuat anda yakin akan keberhasilan proyek anda.
3. Anda boleh berbangga dengan hasil yang telah anda capai. Keberhasilan kecil akan membawa kepada keberhasil yang lebih besar lagi. Bangga bukan berarti menjadi sombong. Kesombongan akan membuat anda lupa diri dan anda akan dilalui oleh competitor anda.
4. Belajar dan terus belajar. Belajar dari kegagalan dan belajarlah dari kesuksesan. Kegagalan jangan sampai membuat anda hilang kepercayaan diri. Kesuksesan jangan membuat anda berpuas diri. Semua problem dan tantangan yang akan anda hadapi akan selalu berubah ubah. Dengan belajar berarti anda telah mempersiapkan diri untuk mengatasinya.

2 komentar:

  1. Jangan Puas dengan Kesuksesan
    Jangan Putus Asa saat kita Gagal

    BalasHapus
  2. s7 gan, gw mrasa kurang percaya diri saat jumpai pelanggan, gmn triknya gan.....
    bales

    BalasHapus