Selasa, 19 Januari 2010

Marketing Bisnis Ceragem

Marketing Bisnis CERAGEM yang Mendunia

Sudah beberapa kali ini perhatian saya tertuju pada keriuhan dan panjangnya

antrean pengunjung sebuah ”klinik kesehatan” berlantai dua di kompleks perumahan salah satu jalan rute menuju sekolah ananda saya.

spiritual marketing untuk sesama, marketing gerilya, soul branding

Awalnya pusat terapi itu memang hanya menempati satu ruko dua lantai. Namun kemudian selang beberapa bulan saja, ketika saya kebetulan melewati jalan yang sama, ia telah berkembang menjadi dua ruko, menempati ruko sebelah yang sebelumnya kosong.

Terpampang jelas di plang papan nama depan ruko ”CERAGEM – Terapi Kesehatan Gratis, For a Healthy Tomorrow – Efektif meremajakan tubuh dan mengatasi gangguan kesehatan: (terpampang daftar panjang aneka penyakit) Alergi, Ambeien, Asam urat, Asma, Darah tinggi, Encok, Empyema, Fungsi paru-paru lemah, gangguan ginjal, Gangguan jantung, Gangguan Lambung, Gangguan leher, Gangguan Lever, dan daftar itu masih berlanjut.

Wow.. daftar yang amat panjang:)

Siapa yang tidak penasaran dengan papan nama ’klinik’ kesehatan seperti ini? Bahkan dengan iming-iming Terapi Gratis, serta antrean panjang pasiennya yang selalu meluber keluar halaman klinik, dari pagi sampai malam. Non Stop.

Begitu penasarannya saya, akhirnya pagi ini tadi saya ketikkan di Google Search, kata kunci ”Ceragem”. Dari situs resmi Indonesia Ceragem, saya dapatkan informasi berikut tentang Ceragem:


”CERAGEM merupakan alat kesehatan keluarga yang dirancang secara modern dengan menggunakan perpaduan ilmu kesehatanTimur dan Barat seperti URUT, KOP, SINAR INFRA MERAH JAUH serta CHIROPRACTIC. Cara kerja alat ini berpusat pada tulang belakang, pusat susunan saraf dan pembuluh darah dengan memperbaiki saraf yang bermasalah serta memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh.”

Dan sekilas tentang visi perusahaannya: ” Ceragem menawarkan sebuah kesempatan kepada Anda untuk mencoba alat kesehatan ini dengan gratis, tanpa dipungut biaya di setiap center yang berada di seluruh dunia. Strategi pemasaran Ceragem memang unik dan pelayanannya yang ramah telah menjadikan perusahaan Ceragem sebagai perusahaan yang dicintai oleh masyarakat dimanapun dia berada. Dalam memenuhi keinginan masyarakat untuk hidup sehat dan bahagia, Ceragem berusaha keras untuk mengembangkan perusahaan ini ke seluruh dunia, dan dalam target jangka panjangnya pada tahun 2010 akan menjangkau 120 negara. ”

Sebuah efek domino magnet pelanggan dan word of mouth (testimoni dari mulut ke mulut) yang luar biasa dari sebuah praktik bisnis dan pemasaran Ceragem. Yakni menempatkan produk sebagai solusi kehidupan dan menempatkan pelanggan sebagai prioritas layanan produk.

Kita perlu lebih banyak berkiblat mengembangkan strategi marketing kita seperti yang telah dilakukan oleh Ceragem:

1. Hambatan psikologis membeli produk yang disebabkan oleh resiko kegagalan produk dan mahalnya harga beli produk telah diminimalisir CERAGEM hampir ke titik nol persen. Membuat produk dan perusahaan ini dipersepsi banyak orang sebagai produk dan perusahaan yang telah berjasa bagi kesembuhan dan kehidupan.

2. Perusahaan memberikan dukungan dan support maksimal kepada para pelanggan yang telah membeli alat Ceragem, yang satu unitnya berharga sekitar Rp. 10 jutaan. Perusahaan benar-benar memahami posisi strategis pelanggan / pembeli alat Ceragem sebagai bagian dari armada marketing Ceragem. Karena hanya dari mereka, maka Word Of Mouth positif (testimonial positif) ceragem semakin cepat berkembang di kalangan masyarakat.

3. Dari sisi produk dan sistem operasi bisnis, Ceragem terbukti membawa manfaat bagi khalayak masyarakat secara luas. Sudah terbukti banyak orang telah sembuh dari penyakit dengan alat ini. Peluang usaha sampingan dari alat Ceragem terbukti turut menciptakan lapangan kerja bagi banyak orang yang menjadi operator Ceragem.

Perusahaan produsen Ceragem membebaskan setiap pembeli bed Ceragem membuka tempat praktik dengan tempat tidur ini. Biasanya pusat terapi Ceragem dari pembeli, memungut biaya Rp. 5000,- untuk masing-masing sesi terapi. Tidak terlalu mahal bukan? Sebuah alternatif pengobatan untuk masyarakat dengan kondisi keuangan kurang mampu.

Secara lebih detil, beginilah pelaksanaan praktik pemasaran Ceragem, sebagai berikut;

1. Free ”Unlimited” Product Trial

Fokus strategi marketing Ceragem, memang menyediakan kesempatan tak terbatas kepada calon konsumen untuk mencoba produk. Jadi yang lebih menonjol bukanlah penawaran penjualan sebuah alat terapi kesehatan, melainkan sesi-sesi manfaat terapi dari produk alat kesehatan tersebut.

Melalui kesempatan terapi gratis tak terbatas, Ceragem berusaha menghilangkan beban psikologis konsumen dari resiko membeli produk mahal (Harga Ceragem berkisar Rp. 10 jutaan). Perusahaan tidak ingin konsumen mempertaruhkan uang mereka untuk produk yang konsumen belum yakin manfaatnya. Konsumen baru akan membeli Ceragem bila telah merasakan manfaat positif terapi.

2. Word of Mouth – Getok Tular positif à Publisitas

Visi yang mulia, dengan strategi marketing yang simple, sekaligus amat powerful. Strategi marketing CERAGEM yang tidak itung-itungan dalam memberikan kesempatan kepada calon konsumen untuk mencoba produk mereka telah membuahkan lonjakan penjualan dan publisitas getok tular manfaat positif Ceragem.


Semoga pernyataan saya barusan bukan isapan jempol belaka. Anda bisa coba ketikkan saja ”Saya mencoba Ceragem” atau ”I’ve used Ceragem” di Google, maka Anda akan menemukan banyak kisah dari mereka yang telah memanfaatkan produk ini.

Mengapa Ceragem bisa menarik perhatian orang banyak? Karena ia tak segan-segan memberikan terapi gratis bagi para target customer dan prospek (calon pembeli). Banyak orang berdatangan, sehingga tidak jarang dijumpai orang-orang tersebut mengantri mulai dari pagi hari bahkan sampai keluar atau berada di pinggir jalan. Dan yang sangat mujarab, tempat terapi Ceragem terkesan ”ramah, membantu, dan tulus”. Berapa kali pun Anda datang terapi, Anda tidak akan diberondong dengan pertanyaan ”Gimana Pak/Bu, jadi beli alatnya?”

Berbeda dengan beberapa outlet alat-alat kesehatan lain yang hampir serupa (kursi pijat dengan harga tidak jauh berbeda, seperti OSIM – maaf tidak bermaksud menyinggung Anda yang saat ini bekerja sebagai karyawan atau pemilik OSIM). Meskipun OSIM Juga menawarkan gratis pijat, cek kolesterol, dan sebagainya, tapi terkesan setengah hati, karena pramuniaga seringkali menutup perjumpaan dengan kalimat Closing yang terlalu dini ”Bagaimana Bu/Pak? Penawaran harga khusus kami hanya berlaku terbatas bulan ini..”

Referral Marketing

Ceragem juga mengandalkan pelanggannya sebagai medium Marketing Referal. Implementasi program ”Customer get customer” Ceragem diwujudkan dalam bentuk dukungannya terhadap Program Peluang Usaha Pusat Terapi Ceragem untuk konsumennya.

Setiap pelanggan yang membeli alat dari Ceragem Center (distributor alat Ceragem) dan membuka Terapi Ceragem, Ceragam Center akan membantu mempromosikan dan menginformasikan tempat-tempat Terapi Ceragem baru yang dibuka sendiri oleh pelanggan, sehingga para pengunjung lain yang baru dapat mencari alternatif Terapi Ceragem selain datang ke Ceragem Center.

Terdapat dua jenis Pusat terapi Ceragem:

a. Pusat terapi Ceragem yang dikelola oleh distributor penjual Alat Ceragem,

untuk berobat ke sini, pengunjung tidak dikenakan biaya, alias Gratis

b. Pusat terapi Ceragem yang dimiliki dan dikelola oleh pembeli alat Ceragem.

Bagi pasien yang datang ke tempat terapi ceragem yang berbayar, bila pada suatu titik mereka memiliki kemampuan finansial untuk membeli. Maka mereka tidak akan menunda terlalu lama untuk membeli, langsung ke Distributor Ceragem.

Sepertinya pihak Ceragem sudah amat memahami naluri psikologis setiap individu manusia yang lekat dengan sifat “tak pernah puas” dan “selalu ingin lebih”. Hal ini mereka terapkan untuk menghasilkan efek berantai motivasi sebagian besar pengunjung pusat terapi untuk akhirnya memutuskan membeli alat Ceragem.

Secara psikologis, naluri manusia adalah selalu mencari suasana yang lebih nyaman. Di mana saja. Hal ini rupanya juga berlaku untuk kondisi dan tempat berobat. Bila memang ada solusi yang lebih nyaman untuk menikmati terapi, kenapa tidak? Dengan membeli dan memiliki alat terapi sendiri, berobat jadi lebih praktis, bebas antrian dan bisa menikmati penghasilan tambahan dari peluang usaha membuka tempat terapi.

Jadi tak heran bila rata-rata pengunjung pusat terapi Ceragem tidak berlama-lama betah sering harus datang berobat. Kebanyakan setelah merasakan manfaatnya, bila mereka sudah siap secara finansial, maka mereka juga akan memutuskan membeli alat terapi tersebut.

Hmm.. sebuah praktik marketing yang sangat berorientasi membawa ”Manfaat Untuk Sesama”. Niat tulus membantu masyarakat target konsumen – menjadi energi yang luar biasa bagi Ceragem dalam mendobrak hambatan penjualan dan pemasaran. Hasilnya; prospek dan pelangganlah yang mengejar produk Anda - bak Magnet. Bukan sebaliknya.

Jadi tak heran mengapa secara keseluruhan perusahaan ini sudah diterima dengan sangat baik oleh berbagai masyarakat di seluruh dunia. Maaf, bila terkesan seperti Iklan ya;)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar