Rabu, 20 Januari 2010

Teknik Closing Menggunakan Form

Secara umum pada saat anda melakukan penutupan atau “closing the sales” biasanya kita mempunyai dua pilihan. Pilihan pertama yaitu dengan langsung memberikan barang dan kita mendapatkan uangnya. Yang kedua adalah kita harus mendapatkan bukti/konfirmasi pembelian barang kita.

Untuk pilihan yang kedua kita harus dilengkapi dengan form administrasi standard perusahaan sebagai bukti pesanan. Isilah form itu dengan lengkap termasuk data pelanggan, sistem pembayaran dan harga yang telah disepakati. Jangan lupa kalau ada hal hal khusus yang perlu ditulis jangan lupa di tuangkan juga dalam form tersebut. Hal ini akan mempermudah kedua belah pihak, juga memberi ketentraman buat pembeli anda. Karena biasanya mereka juga memberi beberapa catatan buat kita. Lakukan konfirmasi isi terhadap pelanggan anda dengan hati hati dan tenang. Apabila mereka mulai menunjukkan sedikit kekawatiran ataupun keraguan, anda tidak perlu menolak atau membantahnya, tetapi tanggapilah dengan empati tapi tetap memberi suatu kesan bahwa keputusan mereka tidak salah. Setelah semua lengkap anda bisa meminta tanda tangan pelanggan anda dan jangan lupa menanyakan kemana barang akan dikirim.

Pembicaraan yang lancar mengenai pengiriman merupakan salah satu sinyal bahwa dia sudah tidak punya ganjalan lagi dalam proses pembelian ini. Terakhir tentunya anda harus mengucapkan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar