Senin, 18 Januari 2010

Gunakan Sedikit Kata Yang Tepat

Ada kata-kata tertentu yang mengasumsikan penjualan dan ada pula kata-kata tertentu yang tidak. Bagi pemula, biasakan untuk mengatakan ‘bilamana’ dan bukan ’jika’ . misalnya “bilamana anda memiliki mobil ini, saya jamin anda akan senang” dan bukan “jika anda memiliki mobil ini”. Tampaklah bahwa kata yang satu mengasumsikan penjualan sedangkan yang lain tidak? Kata jika menimbulkan pertanyaan dalam benak calon pelanggan.

Saya juga menyarankan agar anda menggunakan kata ganti orang pertama jamak ‘kita’ dan ‘mari’. Sebagai contoh: “kita sebaiknya membeli empat belas losin dengan harga ini,” dan “mari kita pesan lima ribu buah saham pada harga seribu rupiah”.

Dengan mengatakan seperti ini, calon pelanggan tidak akan merasa seolah-olah ia berada pada posisi pembuat keputusan yang utama atau merupakan keputusannya sendiri. Anda melakukannya bersama-sama dan anda mengurangi beban pembuat keputusan pada sisi pembeli.

Secara psikologis, orang merasa lebih enak membuat keputusan bersama orang lain karena mereka tidak perlu bertanggung jawab sendiri bila nantinya keputusan itu ternyata salah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar