Rabu, 20 Januari 2010

Menghadapi Penolakan Dalam Closing

Kita tidak perlu takut dengan kata “tidak” dari seorang pelanggan pada saat akan meng-closing suatu penjualan. Kata tidak bukan berarti akhir dari presentasi yang anda berikan. Apabila anda bisa menentukan arti sebenarnya dari penolakan tersebut maka kata “tidak” tadi dapat merupakan jalan buat anda untuk memulai presentasi yang sukses.

Kata “tidak” mungkin berarti pilihan yang anda berikan supaya pelanggan anda menjatuhkan pilihan kepada produk yang anda jual tidak sanggup menggugah pertimbangan mereka. Berarti anda belum dapat menunjukkan manfaat dari produk anda yang akan dapat memberikan solusi buat permasalahan mereka.

Atau kata “tidak” berarti harga anda masih terlalu tinggi. Ingat bahwa harga tidak berarti nilai Rupiah semata tapi juga nilai dari fungsi dan spesifikasi peralatan yang anda jual. Anda harus dapat meyakinkan bahwa harga dari produk anda layak bernilai tinggi.

“Tidak” juga berarti mungkin pelanggan anda masih belum melihat keyakinan dalam diri anda terhadap produk anda sendiri dan juga terhadap perusahaan anda.

Dan kalau semua itu belum berhasil, anda dapat mengambil nilai positif bahwa “tidak” berarti belum saatnya, atau “saya tidak membeli sekarang”

Ingat bahwa presentasi kedua yang anda berikan harus simpel dan langsung ke tujuan. Kalau tidak mereka akan menjadi bosan karena presentasi anda akan terlalu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar