Rabu, 20 Januari 2010

Pentingnya Returning Customer

Orientasi perusahaan untuk mendongkrak sales adalah melakukan promosi besar-besaran untuk meningkatkan market share atau jumlah pembeli baru. Promosi memang penting dalam rangka memperkuat brand. Namun perlu diingat bahwa aktivitas promosi untuk menggaet market baru dibutuhkan brand education yang cukup sehingga promosi pun harus dilakukan secara gencar. Oleh karena itu pasti akan membutuhkan biaya yang sangat besar
Perlu diketahui juga bahwa tingkat sales sangat dipengaruhi oleh pelanggan yang membeli ulang (returning customer). Bahkan pada umumnya 80% pendapatan dari sales berasal dari 20% pelanggan yang membeli kembali. Melihat hal itu maka tidak kalah penting bagi kita untuk melakukan treatment yang baik kepada para returning customer kita. Karena mereka lebih mencerminkan loyalty. Sebaiknya perusahaan memiliki database pelanggan yang dapat membantu marketing dalam memilah customer berdasarkan intensitas transaksi, pola/perilaku pembelian dan juga respon terhadap program-program yang kita lakukan.

Berbagai cara dapat kita lakukan dalam meretain para returning customer yang kita miliki, seperti program membership, special price, gift dan program-program lain yang memberikan nilai tambah bagi customer. Melalui special treatment tersebut akan membentuk relationship marketing yang akan memberikan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.
Customer yang sudah loyal sebenarnya cenderung tidak terlalu terpengaruh dengan price (harga). Contohlah ketika kita memiliki kartu perdana untuk Operator X, dan pada saat itu operator lain melakukan penurunan harga. Maka kita sebagai pelanggan yang loyal tidak akan terlalu merespon atau untuk segera berpindah ke lain hati.
Pada umumnya perusahaan pun memiliki budget anggaran yang sangat terbatas. Maka dengan itu penting sekali bagi kita untuk tidak hanya berpikir promosi yang jorjoran namun menggarap market yang sudah didepan mata “existing”. Karena mereka pun pada umumnya ingin diperlakukan berbeda dibanding yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar