Selasa, 19 Januari 2010

The Power Of Positioning

Apa beda Melanox dengan Ponds Pemutih wajah?
Keduanya sama-sama produk berkhasiat memutihkan kulit wajah. Hebatnya, pemasar Melanox dengan pintarnya (melalui iklan dan komunikasi pemasarannya) berhasil menancapkan citra Melanox sebagai kosmetik obat yang “tersertifikasi medis” di benak konsumennya.

Sementara Ponds di mata konsumen tidak lebih sebagai kosmetik kecantikan wajah yang tidak jauh berbeda dari para pesaingnya L’Oreal, Olay dan sebagainya. Yang mana perbedaan di antara merek-merek yang terakhir saya sebut baru saja, hanya terletak pada harga produk yang menunjukkan kelompok kelas sosial sebagai kelompok target konsumen; L’Oreal dan Olay lebih ditujukan untuk kelas sosial menengah di atas Ponds.

Mari kita ambil contoh lain lagi..
Seperti kebanyakan dari kita yang memandang Restoran McD sebagai tempat asik makan dan kumpul bareng untuk keluarga muda dengan anak-anak kecil mereka:)
namun akan lebih memilih Restoran Ayam Goreng Ny Suharti untuk acara-acara reuni keluarga yang sifatnya lebih syahdu dan semi formil.

Sementara itu, Surat Kabar KOMPAS berusaha menancapkan citra sang “pencerah” yang menyertai perjalanan ‘mencerdaskan bangsa’. Sebagai gudangnya informasi — sumber referensi informasi ber-pengetahuan.

KOMPAS sangat lekat dengan slogannya - “Buka Mata dengan Kompas”. Dengan citra yang dikomunikasikan tersebut, Kompas juga selalu berusaha konsisten menjaga kualitas rubrik-rubriknya. Rubrik dengan liputan analisis mendalam menjadi ciri khas Kompas dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar