Rabu, 20 Januari 2010

Mengapa sales closing gagal

Ada dua hal prinsip penting yang harus kita dalam proses penjualan, yaitu yang pertama bahwa semua orang merasa tidak nyaman untuk membeli sesuatu dan yang kedua orang membeli bukan karena bagusnya produk kita tetapi seberapa berguna produk itu untuk mereka (pada kesempatan lain saya akan membahasnya lebih detail).

Pada saat akan melakukan closing itulah anda harus benar benar memperhatikan dua hal ini. Ajukan pertanyaan seperti ini buat diri anda. Apakah penjelasan yang saya sampaikan sudah menjawab kebutuhan atau problem mereka? Untuk menjawabnya anda perlu banyak belajar mengenai listening dan asking. Banyak sales merasa puas apabila sudah membombadir pelanggan dengan keterangan produk mereka dari pada mendengar masalah mereka.

Pertanyaan kedua adalah sudahkah saya menjalin hubungan dan menguatkan pelanggan dengan baik. Tanpa hubungan yang baik mereka tidak akan terbuka untuk mengungkapkan keberatan dan masalah mereka. Apabila anda sudah menjadi penjual yang cukup baik anda akan dapat menggali segala keberatan pelanggan dengan relasi yang sudah anda bangun. Dari situ anda bisa menguatkan mereka sehingga mereka tidak ragu untuk mengambil keputusan mengeluarkan uang dari saku mereka.

Apabila kedua hal ini sudah anda lakukan dengan baik maka kemungkinan kegagalan closing kita menjadi lebih kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar